5 Cara Meningkatkan Hubungan Keluarga Saat Pandemi

Fenomena pandemi Corona melanda seluruh dunia, menyebabkan tingkat stress yang tinggi di masyarakat dunia, namun masa ini jika dilihat dengan perspektif berbeda maka ada semacam hal positif bisa kita dapatkan.

Dari sekian banyak hal positif yang bisa kita dapatkan saat ini adalah bisa memperbaiki dan mempererat hubungan antara anggota keluarga kita, berikut ada 5 cara meningkatkan hubungan anggota keluarga saat pandemic covid 19 agar tambah erat dan menyenangkan.

berikut ini 5 hal tersebut…

1. Makan bersama keluarga.

Kebijakan protokol kesehatan untuk mencegah menyebarnya virus corona salah satunya adalah dengan tidak banyak beraktifitas di luar rumah, ini merupakan kesempatan emas bagi keluarga yang sebelum pandemi tidak terlalu bisa berkumpul untuk melakukan hal hal yang meningkatkan kemesraan dan kebersamaan keluarga.

Makan bersama menjadi sebuah moment untuk meningkatkan hubungan keluarga ini, dengan melakukan ini akan ada banyak moment yang tidak bida didapatkan di waktu lain, karena kehangatan komunikasi akan cenderung memerikan dampak positif.

Selain itu kita jadi lebih berfikir positif ketika kita diharuskan untuk tidak beraktifitas di luar rumah, kebersamaan yang mahal harganya akan menjadi agenda rutin harian bagi kita.

2. Mengajari anak dan suami memasak.

Memasak bersama juga bisa meningkatkan kebersamaan,kemesraan dan keharmonisan, karena dalam memasak bersama tentu akan menjadi saat-saat yang menyenangkan, tidak perduli akan hasil masakan yang akan terasa lezat atau biasa saja, tetapi lebih kepada kebersamaan dalam melakukan suatu perkerjaan yang nantinya akan dinikmati bersama.

Anak akan belajar menghargai makanan, karena prosesnya yang panjang, dan suami juga akan lebih mengharagai istri, karena hidangan yang di makan selama ini ternyata harus melalui proses yang panjang dan melelahkan.

3. Menikmati Hidangan Sehat secara lebih.

Sebelum makan bersama dan mengajari anak atau suami memasak ada baiknya kita menentukan resep-resep hidangan yang akan dimasak. Mungkin selama ini orientasi gizi keluarga tidak menjadi prioritas, karena yang menjadi pertimbangan adalah faktor kelezatan dan petualangan mencari kuliner yang baru.

Tetapi saat pandemi, yang dalam hal makanan sangat membutuhkan asupan yang sangat baik dan bergizi, maka moment memasak hidangan sehat menjadi semacam kegiatan wajib.

Masaklah  makanan yang cenderung mengandung protein, yang berguna bagi tubuh, dan tidak melulu pada masakan yang monoton, akan tetapi cobalah hal baru untuk memasak yang mengandung nutrisi tinggi.

Anda tidak harus menjadi vegetarian atau memasak yang serba santan, tetepi cobalah menikmati sesaat kebersamaan memasak hidangan bernutrisi tinggi bersama keluarga, karena tentunya akan ada diskusi menarik seputar manfaat hidangan yang dimakan untuk keluarga, dan anda bisa tebak..!!! tentu para anggota keluarga akan terkesan karena anda memperhatikan kesehatan mereka.

4. Berbelanja di Pasar Lokal .

Jika kemarin sebelum pandemi kita cenderung mengedepankan gengsi dan cita rasa, maka saat ini mari kita coba membantu saudara kita yang berjuang dengan menjual berbagai bahan sayur-mayur kebutuhan sehari-hari, dengan membantu mereka maka kita akan membangun kesadaran dan pengertian bagi keluarga kitaakan pentingnya membangun dan menggerakkan ekonomi yang sehat.

Betapa besar manfaat dan perjuangan mereka, dan dengan kita membantu mereka dengan berbelanja membeli barang dagangan mereka yang notabenenya adalah warung tetangga kita, maka kita turut menyelamatkan tetangga kita dari keterpurukan.

Ajaran kebaikan ini kita sampaikan dan ajarkan pada keluarga kita, yang tentunya ini menambah hubungan yang baik diantara keluarga.

5. Senantiasa berfikir Positif .

Saat ini merupakan kesempatan emas bagi ayah yang sering meninggalkan keluarganya, serta bagi ibu yang sibuk berkarir yang berakibat kurang perhatian terhadap keluarganya, dan anak yang sering keluar mencari kebersamaan dengan temannya tanpa menghiraukan peringatan orang tuanya.

Saat ini merupakan saat interospeksi diri, sesuai dengan posisi masing masing di keluarga, saatnya berfikir positif dan menanggalkan egoism

Utamakan kebersamaan dan keharmonisan dalam hubungan keluarga

Berpikir positif tentang segala sesuatunya. Saatnya mencari dan menemukan hal penting saat bersama keluarga, yang semoga menjadi batu loncatan kita untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Kita perlu lapang dada dengan semua keadaan ini, dan belajar bersyukur bahwa kita dianugerahi keluarga ini..keluarga yang kita kerja keras untuk mereka..keluarga yang akan terus menjadi teman saat sedih maupun bahagia…

hal hal di atas walaupun kecil tetapi bisa menjadikan pendorong dan sarana kita bisa meningkatkan hubungan keluarga kita menjadi baik, walaupun frekuensinya jarang tapi perlu dicoba dan diaplikasikan, karena tips di atas bukan suatu kegiatan yang mempunyai tingkat kesulitan yang tingi, hanya membutuhkan senyuman dan sedikit kesabaran..

Monggo Di Share

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *