5 Tips Tetap fresh Saat Pandemi

Covid 19 saat ini menjadi ujian bagi bangsa-bangsa di dunia, beberapa bulan berbagai kegiatan mulai dari ekonomi, pendidikan dan pariwisata menjadi terganggu bahkan berhenti, ini juga menyebabkan tekanan mental psikologis masyarakat dunia.

Masyarakat dunia secara tidak langsung dituntut dan bermigrasi ke sistem virtual dalam berbagai kegiatannya, mulai memesan bahan makanan secara daring, belajar bagi anak-anak juga secara daring.

Perubahan signifikan ini bisa menjadi sebuah pola yang ikut merubah mental psikologis kita. Dan berikut ini adalah 5 cara menjaga kesehatan mental dan fisik saat pandemic covid 19.

1. Memberi Kesempatan Pada Diri Atas Apa Yang Sedang Terjadi.

Saat ini ketika sedang terjadi krisis apapun itu, maka kecenderungan untuk lebih panik dan berfikir negatif menjadi lebih besar, karena saat ini kita bisa sangat mudah mengakses informasi dari media elektronik maupun media internet, yang tentunya menyebabkan informasi yang masuk baik yang benar maupun yang hoaks menjadi bercampur, dan menyebabkan kita over informasi, maka diperlukan saat tertentu kita bisa melakukan hal alternatif ini.

Hal tersebut adalah dengan menggunakan waktu sejenak untuk merefleksi diri atau menenangkan diri, dengan berfikir atau ber tafafakkur sejenak. Mencoba berfikir jernih dan menggali ide-ide dari dalam diri kita, membatasi sejenak informasi yang bisa kita dapat dari media di luar sana, mencoba berfikir positif dan berfikir bahwa ini semua adalah cobaan kehidupan agar kita menjadi lebih baik. Ketika kita mendapatkan detak jantung kita lebih stabil dan ketenanganan mulai dirasakan di fikiran dan hati kita, maka bisa dimulai aktifitas yang lain, terus jadwalkan sejenak waktu untuk ber tafakkur ini, agar ada keseimbangan fikiran dan ketenangan jiwa, yang mana keduanya sangat dibutuhkan pada saat pandemi seperti ini.

2. Buat Waktu Khusus Setiap Pagi Dan Petang.

Waktu khusus yang dimaksudkan pada point kedua ini adalah waktu dimana kita bisa sejenak berfikir atau berfleksi diri, seperti yang dijelaskan pada point yang pertama, atau mengisinya dengan kegiatan olah raga ringan di rumah. Dan dengan membiasakan diri setiap bangun tidur dan akan tidur atau saat pagi dan sore hari dengan sejenak berfikir ini menjadikan ketenangan dan keseimbangan kesehatan mental kita saat krisis pandemi ini.

3. Perhatian Lebih Pada Nutrisi Bagi Kita dan keluarga.

Kesehatan merupaka anugerah yang tidak ternilai harganya, apalagi saat pandemi seperti ini, setiap dari kita tentu akan berusaha sebaik mungkin untuk menjaganya.

Salah satu hal penting dalam kita menjaga kesehatan kita adalah “apa yang taruh di piring kita”. Saat pandemi ini banyak dari kita dituntut untuk bekerja dari rumah dan tidak banyak beraktifitas di luar rumah kecuali untuk hal yang sangat penting, ini artinya ada banyak kesempatan bagi kita untuk memasak masakan yang lebih sehat dan bermutu.

4. Buat Menyenangkan Setiap Kegiatan Kita.

Walaupun pandemi membatasi gerak kita untuk beraktifitas di luar rumah, tetapi tidak menjadikan kita malas bergerak dan bersifat pasif.

Jadikan setiap kegiatan menjadi lebih menyenangkan, seperti misalnya membantu mencuci istri dan mengasuh anak, membersihkan halaman dan kegiatan bersih-bersih rumah.

Kegiatan ini diniatkan agar kita bisa beraktifitas aktif pengganti olah raga sebagai usaha agar badan tetap sehat dan psikis kita lebih sehat karena melakukan hal yang positif, dan selain itu tentunya akan menambah hubungan kita lebih harmonis dengan pasangan kita.

Kegiatan yang berbasis gadget pun menjadi menyenangkan jika kita bisa mengaturnya dan memprioritaskan yang utama, dan mempunyai implikasi yang postif bagi pikiran dan mental kita, baca artikel yang bermanfaat, pilih berita yang positif dan optimis, dan lakukan kerja dari rumah dengan menyenangkan.

5. Fokus Apa yang Penting Untuk Kita.

Memprioritaskan pekerjaan dan rencana yang penting bagi kita merupakan hal yang sangat perlu dilakukan saat pandemi ini. Perlu kita lihat dan pilah lagi berbagai rencana jangka panjang dan pendek kita yang telah kita buat.

Alangkah baiknya jika saat pandemi ini kita gunakan untuk melaksanakan berbagai rencana yang telah kita pilah tersebut, seperti misalnya kegiatan memperbaiki kamar mandi, maka bisa kita kerjakan sedikit yang bisa dicicil, dengan breakthrough rencana perbaikan yang bisa kita kerjakan tanpa perlu pekerja professional.

Selain itu kita bisa fokus pada pekerjaan yang berhubungan dengan tanggung jawab kita sebagai karyawan dan pebisnis, misalnya dengan focus pada job diskripsi kita sebagai karyawan, focus dan nikmati pengerjaan dan penyelesaian pekerjaan tersebut, dan dorong agar bisa diselesaikan dengan maksimal dan bisa segera kembali bercengkrama dengan keluarga.

Atau sebagai pebisnis yang bisa fokus pada desain produk atau sistem marketing yang akan dijalankan saat pandemi, dengan fokus dan penuh kejernihan maka ide ide segar bisa dengan mudah bermunculan

Fokus tetapi tetap terkendali, agar tidak terjerumus ke stress, karena walaupun perlahan tetapi jika dikerjakan secara konsisten maka akan selesai juga, dan ini menjadi pilihan lebih baik daripada banyak ide dan berusaha memunculkan semua tetapi tidak satupun yang progress.

Monggo Di Share

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *