Gunakanlah Kepentingan-diri Anda Sendiri.

Apa perbedaan antara orang-orang yang secara ikhlas membawa pekerjaan ke rumah diakhir minggu dan orang-orang yang mencemooh gagasan itu?

Apa perbedaan antara orang-orang  yang bekerja keras sepanjang hari dan orang-orang yang melakukan sedikit kerja semampu yang mereka lakukan?

Apa perbedaan antara orang-orang yang mengikuti kelas –kelas malam dan orang-orang yang tidak pernah membayangkan untuk kembali ke sekolah?

Apa perbedaan antara orang yang paling bersemangat dengan orang yang paling malas.?

Kepentingan-diri”.

Kita semua melakukan apa yang kita lakukan karena kepentingan diri, kita berfikir inilah yang terbaik bagi kita. Orang-orang yang bekerja keras melakukannya pula karena mereka percaya ada penghargaan yang menunggu mereka yang bukan saja menjustifikasi usaha-usaha mereka melainkan juga menuntut dedikasi mereka. Orang-orang yang tidak mengembangkan diri mereka melakukan demikian karena mereka tidak dapat melihat keuntungan kerja jangka panjang melebihi keuntungan jangka pendek kemalasan.

Ingatkan diri anda tentang nilai hal-hal yang Anda inginkan, dan biaya-biaya bagi anda yang dipikul dalam usaha-usaha tidak akan terasa besar.

Gwen mulai bekerja melatih anjing-anjing dan segera menyadari bahwa dia benar-benar sedang melatih pemilik anjing-anjing itu. “aku akan mengajar pada orang-orang bagaimana bereaksi secara konsisten terhadap apa yang dilakukan anjing-anjing sehingga perilaku yang bagus diberi penghargaan dan perilaku buruk diberi hukuman. Dan aku berkata pada dirik sendiri, bukanlah Anjing yang tidak konsisten di sini, tetai pemiliknya”.

Gwen melihat semua jenis orang. “Anda melihat orang genit berkata: “Bukanlah ini anjing yang manis? Ketika anak anjing itu merebut kaos kaki dari tangan mereka dan kemudian menjadi kecewa ketika anak anjing itu berlari dengan kaos kaki itu, sepatu dan pelatihnya. Anda melihat pasangan-pasangan di mana yang satu mengambil pendekatan kaku dan yang satunya bekerja sama dengan anjing itu, yang bersembunyi ketika anjing itu melakukan kesalahan.

“Apa yang diinginkan anjing itu?” kata Gwen, “Adalah Cinta, perhatian dan perlakuan Anda, Jika Anda benar-benar membuatnya jelas dan konsisten apa yang perlu ia lakukan untuk mendapatkan reaksi itu, Anjing Anda akan bersikap berdasarkan kepentingan-diri. Tetapi ini juga persoalan kepentingan-diri Anda “, kata Gwen percaya : “Jika Anda terlalu malas untuk bersikap konsisten dengan Anjing Anda, atau jika anda benar-benar tidak peduli atas apa yang terjadi pada kaos kaki dan sepatu itu, maka akan terlihat bahwa Anda kurang memiliki kepentingan-diri”.

Para periset menemukan bahwa kepentingan-diri yang dirasakan, penghargaan yang sedang dipertaruhkan, merupakan faktor paling signifikan dalam memprediksikan dedikasi dan kepuasan kerja. Ini memuaskan sekitar 75% motivasi diri terhadap prestasi yang telah dicapai. Dickinson 1999.

Monggo Di Share

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *