Hikmah BUkan Sebuah Ancaman_bikincantik.id

Hikmah bukanlah suatu hal yang mengancam.

Cobalah untuk mengajarkan kepada seorang yang awam dan untuk bekerja dengan komputer, seberapa besar sebuah komputer dapat membuat pekerjaan mereka lebih mudah. Reaksi yang paling umum yang anda temukan adalah keengganan yang nyata. Mengapa orang mengelak untuk belajar sesuatu yang mungkin membuat pekerjaan mereka lebih mudah? Seringkali karena mereka lebih mudah suatu saat mungkin akan mengambil alih pekerjaan mereka.

Mengajar seperti  menyuruh seseorang untuk pergi melakukan perjalanan. Sebagaimana tak seorangpun akan mengajak anda ke sebuah undangan piknik ke tempat wisata, kemudian tidak akan pernah kembali, orang akan merasa enggan untuk berpartisipasi dalam belajar tentang kekunoan mereka sendiri.

Ketika anda mencoba untuk mengajarkan kepada siapa saja sesuatu yang baru, anda harus menjelaskan sejak awal bahwa tujuan itu adalah tempat yang akan kita tuju semua.

 “Apa perlunya bagiku” Protes Jack ketika cucu perempuanya bertanya mengapa dia tidak menggunakan komputer. Jack telah bekerja sebagai petani sepanjang hidupnya dan dapat bekerja dengan baik selama 50 tahun tanpa menggunakan komputer,

Cucu perempuanya memberi dia 20 contoh hal yang dapat dilakukan dengan komputer, seperti menyimpan catatan pengeluarannya atau merencanakan jadwal tanam, dan setiap kali Jack menjawab bahwa dia telah melakukan semua hal itu tanpa komputer.

“Bagaimana dengan cuaca?, Bagaimana dengan laporan yang anda dapat dalam sesaat?.

   Akhirnya Jack menyerah, dan petani yang berusia 70 tahun yang belum pernah mengenal VCR sekarang menggunakan komputer untuk menelusuri setiap aspek pertaniannya. Jack mengakui kebiasaan-kebiasaan lamanya yang keras, “Aku congkak, seperti halnya orang lain. Aku tidak membutuhkan setiap hal baru untuk melakukan pekerjaan ini, tetapi sekarang dan nanti setiap peralatan benar-benar membantu”.

Perasaan ancaman diri adalah satu-satunya penghalang terbesar untuk mendapatkan partisipasi yang tulus dan ikhlas dari para pekerja dalam program-program pelatihan baru. Lebih-lebih perasaan ancaman diri cenderung menyebar di antara rekan-rekan kerja ketika mereka berbagi perasaan. Wiensfeld, Raghuram, Raghu 1999.

Monggo Di Share

2 komentar untuk “Hikmah bukanlah suatu hal yang mengancam.”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *