Ingatlah Siapa Anda dan Dimana Anda.

Sebuah organisasi besar harus meminta  para anggotanya untuk mengesampingkan individualitas mereka sendiri, dan bekerja sebagai sebuah kelompok. Ada sedikit ruang bagi aspek-aspek kehidupan anda yang paling sentral, bisa berupa tradisi-tradisi kultural .

Kemampuan mengesampingkan hal-hal ini ditempat kerja adalah asaet bagi organisasi anda karena kepercayaan dan tradisi anda tidak meragukan lagi akan bertentangan dengan kepercayaan dan tradisi orang lain, sehingga tidak ada prestasi yang tercapai selain pertentangan dan pertengkaran mengenai keunggulan suatu etnis tertentu.

Kendati demikian, mengesampingkan hal-hal ini di tempat kerja anda bukan berarti mengesampingkannya dalam kehidupan anda. Dengan merasa kita telah sukses dalam hidup, kita tidak boleh menyimpulkan kita telah membuat semua hal yang benar-benar penting bagi kita. Kalau tidak, apa yang sesungguhnya telah kita capai.?

Orang-orang yang mengskpresikan kepuasan terhadap prestasi mereka mengetahui bahwa mereka tidak pernah membuang kepercayaan, adat istiadat dan nilai-nilai yang mereka anut. Mereka hanya menampilkannya dalam kehidupan mereka sendiri.

Bobby Richardson memainkan basis kedua untuk New York Yankees pada tahun 1950-an hingga 1960-an. Bobby melanjutkan kerja dalam sebuah atmosfer yang sangat berbeda dengan latar belakang agamanya, yang hampir tidak dapat dia gambarkan kepada keluarganya di rumah.

Dia tahu bahwa dia harus menjaga keyakinan agamanya dalam kehidupanya, tetapi dia juga harus tahu bahwa dia tidak dapat membawanya ke dalam ruang loker atau tempat tunggu. Itulah mengapa dia turut mendirikan Baseball Chapel.

Kelompok Richardson bertemu di luar lapangan dan keluar dari pusat perhatian, dengan membawa rekan-rekan tim dan pemainya menjauh dari tim-tim lawan untuk berbicara tentang keyakinan mereka.

Bob menjelaskan: “Anda harus melakukan sesuatu untuk meyakinkan bahwa anda tidak sepenuhnya ditelan oleh liga-liga besar itu, maka anda tidak akan pernah menjadi orang yang sama lagi. Tetapi anda tidak dapat memaksakan siapakah diri anda pada orang lain, jadi Baseball Chapel memungkinkan aku menjadi seorang rekan tim di tempat kerja dan menjadi sebenar-benarnya aku dalam kehidupanku sendiri”.

Orang-orang yang mengekspresikan rasa paling puas terhadap hidup dan karir mereka cenderung untuk menggunakan pandangan tentang diri mereka sendiri. Mereka melihat diri sendiri sebagai orang yang mampu dan berorientasi pada tim saat bekerja dan secara kultural serta spiritual menjadi orang yang berbeda di rumah. Orang-orang yang mengorbankan kepercayaan-kepercayaan dan latar belakang individual pada akhirnya mengekspresikan kepuasan sepertiga lebih rendah dengan pekerjaan mereka dan menunjukkan kepuasan yang hampir 2/3 lebih rendah terhadap hidup mereka.

Franklin dan Mizall 1995.

Monggo Di Share

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *