model-model peran bukanlah satu untuk semua_bikincantik.id

Model-model Peran Bukanlah satu untuk semua.

Kita seringkali membaca kisah-kisah tentang orang-orang yang penuh ilham dan kesuksesan-kesuksesan yang luar biasa. Sebagian dari kita memajang gambar-gambar mereka di dinding atau mengambil kutipan kutipan yang berharga dari mereka. Tetapi apa jadinya jika orang yang penuh ilham tersebut telah melakukan hal-hal yang tidak akan pernah  atau tidak pernah dapat kita lakukan?.

Bagi sebagian besar kita, pilihan sebuah model peran mengundang perbandingan dan jika kemampuan dan hasil-hasil kita tidak dapat mengikuti, model peran berfungsi bukan sebagai inspirasi melainkan sumber frustasi dan kekalahan.

Pilihlah sebagai model peran seseorang yang telah mencapai sesuatu yang dapat anda raih dan sesuatu yang ingin anda raih. Ada nilai yang sangat besar dalam menggunakan para rekan kerja atau anggota keluarga yang anda  kagumi ketimbang para atlit, pemimpin atau tokoh sejarah terkenal, yang telah mengalami kesuksesan besar tetapi yang pengalaman-pengalamannya hampir tidak sama dengan pengalaman-pengalaman anda.

Heidi miller telah bekerja sebagai kepala keuangan utama untuk Citigroup finansial multinasional raksasa, kemudian untuk Priceline.com yang fokus pada bisnis penjualan internet.

Sementara dia melakukan pendakian yang mantap di dunia korporat, setiap langkah membawa dia lebih jauh ke dalam pengasingan. Kawan-kawan lamanya menolak panggilan korporat, :”Kamu akan bekerja di bank? Benar-benar seorang pengkhianat”. Sementara itu, para koleganya benar-benar tidak sportif, “Aku merasa terpinggirkan”, ratap Heidi.

Dia tahu bahwa jika dia sedang mengalami kesulitan memperleh dukungan yang dia harapkan, pastilah banyak orang lain seperti dia sedang mengalami masalah yang sama. Itulah mengapa dia menemukan Women and Company , asosiasi para wanita pebisnis yang bertemu secara periodik untuk berbagi kemampuan mereka dan menawarkan dukungan dan contoh-contoh positif kepada satu sama lain. Heidi mendapati kelompok ini “Menakjubkan karena ia begitu menentramkan”.

Orang-orang yang secara aktif menargetkan seseorang untuk berfungsi sebagai model peran menarik perasaan-perasaan positif dari orang itu sekiranya prestasi-prestasi model peran itu adalah relevan sekaligus dapat teraih, orang-orang yang memilih model-model peran yang tidak sesuai dengan deskripsi itu memperoleh 22% lebih kecil kepuasan pada karir mereka ketimbang orang-orang yang sama sekali tidak mempunyai model peran. Lackwood dan Kunda 2000

Monggo Di Share

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *