Motivasi Diri merupakan suatu Keberhasilan Tersendiri

Katakan sesuatu, dan sebutkan semua pembicara yang bisa memberi dorongan anda.

Apa yang anda inginkan? Katakan bahwa anda harus memilikinya. Ingin menjadi hebat. Ingin memperoleh pekerjaan yang lebih baik?

Kita merasa nyaman, terdorong dan tersemangati oleh pernyataan-pernyataan ini. Perasaan, imaji-diri dan kepercayaan diri kita berkembang.

Sayangnya, efek-efek ini bersifat sementara dan akan menghilang. Ketika hasil itu tidak terjadi, kita merasa lemas, dan ketika kita membuat pernyataan berikutnya, akan lebih sulit bagi kita untuk mengatasi semangat yang bahkan bersifat sementara ketika kita mengingat efek-efek dari rencana kita yang gagal di masa silam.

Kesuksesan tidak berasal dari trik-trik memotivasi diri dan pernyataan-pernyataan tentang hasil-hasil yang anda inginkan, tetapi berasal dari usaha yang terus-menerus untuk menciptakan kemajuan.

Ketika David Cynar mendapatkan kecelakaan mobil pada usia 18, para dokter berkata bahwa dia mungkin akan kehilangan satu kaki, dia berfikir bahwa hidupnya akan berantakan.

Ketika dia menengok kembali insiden itu lima belas tahun kemudian, David melihat bahwa kemalangan itu mungkin telah menyelamatkan hidupnya. Pada waktu itu dia sangat tidak peduli pada siapapun atau apapun  dan tidak punya semangat untuk bersekolah.

Kecelakaan itu membuang kekuatan fisiknya dan memaksa dia untuk melihat ke dalam dirinya untuk harapan baru, “Aku menjadi rendah hati karena mendapatkan peluang untuk kedua kalinya. Tetapi menjauhkan diri dari sana bergantung pada keyakinan diri dan penilaian diri”

Rehabilitasi mendorong dia untuk belajar karate, dan pelan-pelan dia menggunakan kembali kakinya dan mengubah dirinya bukan saja sebagai seorang atlit, tetapi juga seseorang yang intens dan penuh dengan dorongan. “Dedikasi  dan komitmen harus berasal dari dalam diri anda, tetapi ketika anda memegang dedikasi dan komitmen itu, Anda dapat pergi kemana saja”. Saat ini, David sangat bergairah sebagai seorang salesman yang sukses, seorang musisi country yang naik daun, dengan sabuk hitam dalam karate, dan mentor sukarelawan bagi para remaja.

“Aku mendapatkan pelajaran berharga bahwa tindakan dan pikiran positif dapat berarti sebuah kehidupan yang lebih sehat, lebih bahagia dan lebih sukses, dan aku suka berbagi cerita ini dengan siapa saja yang mau”.

Bagi 87 % dari kita, pernyataan-pernyataan tentang perubahan diri menghasilkan perubahan yang temporer dalam pencitraan diri, dalam beberapa minggu, diikuti oleh kekecewaan, yang membuat pencitraan diri kita lebih buruk ketimbang sebelum kita membuat pernyataan-pernyataan itu. Polivy dan Herman 1999.

Monggo Di Share

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *