Tidak Pernah Menjadi 1 Hal Saja

Ketika kita berfikir tentang kesuksesan, kita sering berfikir untuk mencapai sebuah tujuan tertentu. Apakah ini berarti memperoleh tanggung jawab baru, mendapatkan promosi atau ditawari sejumlah gaji tertentu, kita beranggapan bahwa dengan satu prestasi lagi kita akan merasa sukses.

Tetapi orang tidak mengubah penilaian mereka terhadap diri mereka sendiri, setelah menciptakan sebuah prestasi . Orang bereaksi terhadap gambaran yang lebih besar.

Ketika anda mendapatkan tanggung jawab itu atau mendapatkan promosi atau kenaikan gaji, berbagai pembicaraan negatif dan kritik destruktif yang mendorong anda untuk berfikir bahwa anda masih membutuhkan satu prestasi lagi, akan merendahkan nilai yang anda tempatkan pada prestasi tersebut.

Kesuksesan puncak tidak datang bersama atau menunggang pada prestasi anda selanjutnya. Perasaan sukses datang bersama seluruh upaya anda, kerpercayaan anda, pengalaman anda,  kehidupan anda. Kesuksesan didasarkan atau diibaratkan pada sebuah integrasi hal hal tersebut, atau diibaratkan denagan sebuah “Paket” bukan seperti “pita hias yang mengikat paket”.

Mereka tidak melakukan perjalanan dengan jet-jet pribadi dan limousine. Tidak ada kuli yang membongkar barang bawaan mereka. Mereka tidak membuat tuntutan-tuntutan penuh emosi untuk memperoleh kamar-kamar ganti yang besar atau perlakuan khusus.

Para anggota band music Rustic Overtones cukup senang untuk memainkan music rock alternative mereka di klub-klub di seluruh penjuru negeri. Dan ketika mereka selesai bermain untuk malam itu, mereka mengemasi semua barang bawaan dengan van mereka yang sudah berkarat.

Rustic Overtones melakukan 250 show selama setahun, dan musiknya telah dimainkan di 200 show selama setahun, dan musiknya telah dimainkan di 200 stasiun radio, dan CD-nya telah berhasil terjual 34 ribu keping.

Tetapi band ini tidak mempunyai kontrak dengan perusahaan rekaman besar, dan sebagian besar bayarannya untuk show itu digunakan untuk membiayai perjalanan tur mereka.

Akankah mereka berhasil? Drummer Tonny Mcnaboe dan seluruh anggota band mengharapkannya demikian, tetapi dia menjelaskan: “jika anda tidak menikmati setiap menit usaha ini, maka anda berada pada bisnis yang salah. Kami bermain untuk kerumunan penonton, kami bermain untuk diri kami sendiri, kami akan menemukan sebuah sudut jalan dan bermain untuk orang-orang  yang sedang melintas. Kami suka bermain musik, dan apakah kami mendapatkan kontrak besar dan show yang terjual laris atau tidak, kami tetap akan bermain musik”.

Sebuah peristiwa mungkin penting dalam jangka pendek, tetapi para periset menemukan bahwa konsep-diri yang tahan lama dari orang-orang – pandangan mereka terhadap siapakah diri mereka dan apa yang mampu mereka lakukan – tidaklah terikat pada sebuah peristiwa positif atau negatif saja. Justru sebuah konsep-diri tersusun dari kombinasi antara kepercayaan dan perasaan yang didasarkan pada pengalaman-pengalaman jangka panjang baik di rumah dan di tempat kerja. Black 1999

Monggo Di Share

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *